Rabu, 11 Januari 2012

GENERASI KREATIF DAN INOVATIF



Kata Pengantar
Puji syukur atas berkat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan berkah atas terciptanya karya Tulis Saya  ini, dan juga berkat Guru- guru pembimbing dan teman-teman yang telah memberikan dukungan sehingga terciptanya karya Tulis  ini.
Kreatif dan  Inovatif pada setiap diri seseorang haruslah selalu tertanam, karena dengan adanya sifat tersebut kita selalu saja mempunyai Ide-ide untuk kita kembangkan dengan kata istilahnya yaitu, kita meningkat ilmu kita sendiri.
Menuju Generasi Bangsa yang Kreatif dan Inovatif haruslah kita sadari sejak dari dulu, agar kita kelak tinggal hanya mempersiapkan hal apa saja yang akan perlu kita perbuat dalam Menuju Generasi Bangsa Yang Kreatif dan Inovatif.
Harapan Penulis mudah-mudahan Karya Tulis saya ini dapat bermanfaat dalam perluasan Informasi ataupun Pentingnya Pengetahuan dalam Menuju bangsa Yang Kreatif Dan Inovatif.
Terima kasih penulis sampaikan kepada semua pihak yang telah banyak membantu, hingga terbitnya Karya Tulis ini dan juga semoga bermanfaat bagi pembaca.

                                                             Penulis
                                        ARDIANSYAH PUTRA RITONGA



Uraian
Kreatif dan inovatif adalah suatu sifat karakteristik yang harus dimiliki untuk mempunyai Ide-Ide dalam hal kemajuan perkembangan pada diri kita.   Sifat  karakteristik yang tidak ada pada diri setiap orang adalah sifat ciri-ciri seseorang yang tidak akan berkembang dirinya dalam kemajuan hal apapun, di dalam diri kita haruslah ada tertanam sifat Kreatif dan Inovatif, Kreatif adalah sifat yang selalu mempunyai Ide-ide baru untuk perkembangan ilmunya. Sedangkan Inovatif adalah sifat untuk memecahkan suatu masalah yang telah kita peroleh dari Ide-Ide yang kita ketahui, sifat Kreatif dan Inovatif sangat Erat kaitannya dalam “Menuju Generasi Bangsa Yang Kreatif Dan Inovatif”.
Jadi, Kreatif dan Inovatif adalah sifat karakteristik yang selalu mempunyai Ide-ide baru untuk pemecahan masalah-masalah yang kita peroleh dalam perkembangan pengetahuan kita. Untuk menerapkan sifat kreatif dan Inovatif kita hanya bermodalkan kemauan dan keingintahuan kita terhadap kemajuan-kemajuan yang akan kita hadapi kelak. Menuju Generasi kreatif dan Inovatif merupakan tantangan kita untuk lebih maju dalam pengetahuan kita.
Menuju Generasi Kreatif dan Inovatif merupakan Tantangan bagi kita untuk kedepannya pada tahun sebelumnya, serta tahun yang akan datang  menjadikan kita agar bisa menjadi sesosok orang yang kreatif dan inovatif, mempunyai Ide-ide baru atau gagasan-gagasan lainnya dengan memecahkan masalah-masalah tersebut dengan tujuan yang baik, yaitu perkembangan pengetahuan kita pada saat ini maupun akan datang.
Tujuan Pentingnya Sifat Kreatif Dan Inovatif adalah Kita mempunyai Ide-Ide baru serta gagasan-gagasan baru untuk dapat kita pecahkan permasalahan tersebut. Disamping itu juga tujuannya dapat kita terapkan dalam diri kita ataupun dapat juga kita menerapkannya kepada Masyarakat untuk dalam hal yang positif.
Gerakan untuk mempunyai sifat Kreatif dan Inovatif pada diri kita saat ini berkurang. Kita tidak ingin tahu seberapa pentingnya sifat Kreatif dan Inovatif pada diri kita. Kita tidak ingin tahu betapa pentingnya Informasi, kita tidak ingin tahu betapa pentingnya itu Ilmu, namun sebenarnya hal itu penting. Gerakan Generasi menjadi Sifat Kreatif Dan Inovatif seharusnya selalu ingin tahu dalam hal apapun yang positif. Jika kita mau ingin mempunyai sifat Kreatif dan Inovatif bermulalah pada kemauan yang pasti dan Niat yang penuh serta selalu yakin bahwa kita akan bisa menjadi sesosok orang yang kreatif dan inovatif serta dapat diterapkan pada diri kita.
Dalam menuju Generasi yang Kreatif dan Inovatif haruslah kita sadari dari sekarang untuk menuju masa datang yang akan kita jalani. Kenapa harus kita sadari? Karena kita harus menyakini bahwa massa itu akan kita jalani dengan apa yang akan kita perbuat. Namun, dengan menerapkan Sistem Kreatif dan Inovatif, kita dapat menjalani massa itu dengan baik dan benar serta dengan pemanfaatan yang jelas.
Generasi Kreatif dan Inovatif dapat diterapkan dalam sebuah Proses Perintisan untuk Pengembangan Kreatif dan Inovatif, bagian-bagian yang penting yaitu, sebagai berikut:
*      Proses Inovation ( Inovasi )
Proses Inovasi pada Pengembangan Kreatif dan Inovatif sangat berperan penting, pada dasarnya ialah berkemauan kita untuk dapat berubah menjalani yang lebih baik. Adapun Faktor-faktor personal dalam mendorong kita untuk dapat Berinovasi yaitu sebagai berikut;
1.      Adanya keinginan untuk mau menjadi Kreatif dan Berinovatif
2.      Adanya faktor pengalaman sebelumnya dalam berkreatif dan berinovatif
3.      Adanya keinginan untuk mau menanggung permasalahan yang di dapati
4.      Adanya selalu memiliki sifat penasaran atau beringinan tahu yang tinggi
5.      Adanya faktor Pendidikan yang baik

*      Proses Triggering (Pemicu)
Proses Triggering atau pemicu pada berkenginan Kreatif dan Inovatif sama pentingnya, Pemicu kita pada perkembangan kreatif dan inovatif adalah Pegangan atau Komitmen Penuh untuk menjadi yang terbaik. Adapun Faktor-faktor personal dalam mendorong adanya Pemicu kita adalah sebagai berikut:
1.      Adanya Komitmen atau minat yang tinggi di dalam mencapai Kreatif dan Inovatif.
2.      Adanya keberanian untuk menanggung permasalahan yang di dapati
3.      Adanya ketidakpuasan terhadap Ilmu yang di dapati sekarang dan ingin mencari yang baru

*      Proses Implementetion (Pelaksanaan)
Proses ini adalah Proses dimana harus adanya pelaksanaan pada penerapan yang telah kita lakukan sebelumnya. Adapun factor-faktor personal yang mendorong adanya Proses Implementasi adalah sebagai berikut:
1.      Adanya komitmen yang tinggi dalam ilmu penerapan Kreatif dan Inovatif
2.      Adanya pandangan visi dan misi untuk kedepannya, untuk menjadikan kita akan lebih baik.
3.      Adanya seseorang yang berpengalaman untuk kita ikuti jejaknya

*      Proses Growth ( Pertumbuhan )
Proses pertumbuhan pada Kreatif dan Inovatif sangat erat kaitannya, karena proses ini adalah proses yang dapat kita ketahui dalam proses perkembangan kita, dapat berkembang atau tidak. Proses Pertumbuhan di dalam Kreatif dan Inovatif di dorong oleh factor-faktor Organisasi sebagai berikut:
1.      Adanya Tim yang kompak di dalam mengembangkan sifat kreatif dan iovatif sehingga semua perancanaan dan pelaksanaan dapat berjalan lancar seperti yang kita inginkan.
2.      Adanya sturuktur Orgnisasi yang mantap dalam berkreatif dan berinovatif
3.      Adanya strategi yang mantap sebagai pegangan untuk mencapai hal tersebut.
4.      Adanya hasil kreatif dan inovatif yang dapat membanggakan kita untuk selalu bersemangat.
Pada umumnya, kegagalan untuk menjadi seorang yang kreatif dan inovatif disebabkan oleh ketidakseriusan kita untuk menjadi yang lebih baik. Keinginan untuk dapat berubah menjadi lebih baik adalah selalu ingin berusaha dalam melakukan hal apapun menurut kita itu baik atau tidak.











Kesimpulan
Pada hakikatnya, sikap Kreatif dan Inovatif merupakan perbuatan Kreatif dan Inovatif yang tangguh, penuh semangat, tidak putus asa, kuat, kerja keras dan tidak menyerah walaupun selalu ada kesulitan datang menghampirinnya. Seseorang yang mempunyai sifat cita-cita kreatif dan inovatif adalah sesorang yang mempunyai cita-cita yang tinggi untuk sukses di dalam berkreatif dan berinovatif yang akan menjadi pendorong dan tahan dalam menghadapi segala rintangan, hambatan, cobaan, dan kendala dalam berkreatif dan Inovatif.
Gerakan Generasi Bangsa yang Kreatif dan Inovatif adalah seseorang yang hidupnya percaya kepada dirinya sendiri adalah orang yang matang, baik jasmani maupun rohaninya. Ia selalu mempunyai pendapat sendiri dan Ide-ide yang realistis untuk dapat memecahkan suatu persoalan yang dihadapinya.
Kekuatan seseorang yang kreatif dan Inovatif datangnya dari tindakan dirinya sendiri dan Ide yang realistis dan bukan dari tindakan orang lain.


Saran
          Kepada Pemerintah maupun NonPemerintah harus selalu akktif memberikan dukungan secara moral dan maupun hal lainnya kepada Para Anak Bangsa agar dapat serta mampu mempunyai sifat karya yang kreatif dan Inovatif.
           

Penutup
Tiada kata sepatah pun yang terindah yang dapat diucapkan kecuali Rasa Syukur Kepada Allah SWT. Yang telah meanugrahkan nikmat dan karunian-Nya, sehinga penulis dapat menyelesaikan karya tulis ini meskipun ada terdapat kekurangan atau kesalahan penulisan di sana-sini.
Shalawat dan Salam semoga tetap tercurahkan kepada Junjungan kita Nabi Muhammad SAW. Serta penulis haturkan banyak terima kasih kepada Semua Pihak yang telah membantu demi terselesaikannya karya tulis ini.
Akhirnya dengan segala kerendahan hati yang paling dalam, kami mohon dengan segala harapan semoga karya tulis Saya ini dapat bermanfaat bagi penulis khususnya dan bagi pembaca umumnya.
Dipenghujung karya tulis ini Penulis mohon maaf apabila terdapat kata-kata atau penulis yang kurang baik dan tepat, hal ini disebabkan oleh kelain penulis dan kekurangan Ilmu dan Wawasan penulis. Di mohonkan bagi pembaca untuk memberikan kritik atau Saran agar karya tulis dikemudian hari dapat jauh lebih baik.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar